Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menggunakan Bahasa C++

Sebelum mulai menggunakan C++,Anda perlu menyiapkan software berikut dalam komputer Anda.
1.Text Editor
Text Editor digunakan untuk menulis kode-kode program Anda.Anda dapat menggunakan editor seperti: Windows Notepad,OS Edit Command,Brief,Epsilon,EMACS,vim atau Notepad++.
File yang Anda buat dengan Editor Teks disebut source file,dan untuk bahasa pemrograman C++ biasanya file diberi nama ekstensi .cpp,.cp atau .c .

2.C++ Compiler
Compiler digunakan untuk melakukan proses compile kode program menjadi program yang dapat dijalankan.Compiler yang sering digunakan adalah compiler GNU C/C++ yang dapat Anda gunakan secara gratis.Anda juga dapat menggunakan compiler lain atau IDE(Integrated Development Environment) seperti Eclipse,NetBeans,dan lain lain.

Menginstall Compiler GNU C/C++
Berikut ini langkah-langkah untuk menginstall GNU C/C++ (GCC) pada Linux,Mac Os,dan Windows.

-UNIX/Linux
Jika Anda pengguna Linux ata UNIX,Anda dapat memeriksa apakah GCC sudah terinstall dengan meggunakan perintah berikut pada Command Line:
$ g++ -v
Jika sudah terinstall,akan ditampilkan pesan seperti pada contoh berikut.
Using built-in specs.
Target: i386-redhat-linux
Configuredwith:../configure --prefix=/usr ......
Thread model: posix
gcc version 4.1.220080704(RedHat4.1.2-46)
Jika belum terinstall,Anda dapat menginstallnya dengan instruksi yang ada pada situs gcc.gnu.org

-Mac OS
Jika Anda pengguna Mac OS,Anda dapat mengunduh dan menginstall Xcode development environment pada situs Apple developer.apple.com

-Windows
Untuk menginstall GCC pada Windows,Anda perlu menginstall MinGW.Pertama-tama Anda dapat mengunduhnya pada situs www.mingw.org dan memilih versi terbaru dengan nama MinGW-<versi>.exe .
Dalam menginstall MinGW,minimal Anda harus menginstall gcc-core,gcc-g++,binutils,dan MinGW runtime.
Setelah instalasi selesai,Anda kemudian dapat menjalankan gcc,g++,ar,ranlib,dlltool,dan tools GNU lainnya dari Command Prompt.

Anda bebas memilih software Text Editor  dan C++ Compiler yang Anda suka.Namun,untuk Anda yang masih pemula atau baru mempelajari bahasa pemrograman ada baiknya Anda menggunakan software Dev-C++. Dev-C++ adalah sebuah C/C++ IDE (Integrated Development Environment) yang sudah dilengkapi dengan MinGW C/C++ Compiler dan Text Editor.
Jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstall text editor dan compiler secara terpisah.

Anda dapat ngunduh Dev-C++ di link ini.

Tutorial Instalasi dan Konfigurasi Software Dev-C++ bisa dilihat di sini
Sekian,semoga bermanfaat.